Campur Sari

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
cetakKirim ke TemanKirim ke AdminisatorKirim KomentarAmbil kode untuk halaman html
Program Jawami' al Kalim
CD ' DVD
    Program Jawami' al Kalim
    Program Jawami' al Kalim: merupakan ensiklopedi hadits yang mencakup 1400 refrensi buku hadits , 543 diantaranya masih dalam bentuk manuskrip yang belum dicetak dan diteliti juga disertai 70.000 biografi para perawi hadits dengan fasilitas tajhrij dan pencarian yang sangat bagus bagi para pelajar dan peneliti.

11 Feb 2012

Dasar-Dasar Pendidikan Islam

Dasar pendidikan Islam ialah Al-Qur'an dan As-Sunnah, sebagaimana Ahmad Marimba mengatakan : Apakah dasar pendidikan Islam? singkat dan tegas ialah firman Tuhan dan Sunnah Rasulullah SAW. Kalau pendidikan diibaratkan bangunan, maka isi Al-Qur'an dan Haditslah yang menjadi fiindamennya." (Ahmad Marimba, 1981 :41).

Al-Qur'an Adalah finnan Allah yang merupakan sumber kebenaran utama yang tidak dapat diragukan lagi. Oleh karena itu Al-Qur'an dijadikan sebagai petunjuk bagi manusia dalam menjalankan tugasnya. Sebagaimana firman Allah Swt. dalam Q. S. AI-Baqarah ayat 185 :
Artinya : "Beberapa hah yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur'an sbg petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antarayang hak dan yang bathil) ". (Depag RI, 1999 : 45).
Isi Al-Qur'an itu sangat luas selain membicarakan masalah yang berhubungan dengan ibadah juga membicarakan masalah keduniawian seperti muamalat, munakahat, jinayat, dan sebagainya. Oleh karena itu pendidikan Agama Islam sebagai sarana untuk memberi petunjuk bagi kehidupan, baik dalam bertindak maupun dalam berbuat serta dalam rumusan tujuan pendidikannya harus disesuaikan dengan ajaran - ajaran yang terdapat dalam Al-Qur'an. Sebagaimana firman Allah Swt. dalam Q. S. Al-An'am ayat 38 :

Artinya : Tiadalah kami alfakan sesuaiupun di dalam Al-Kiiabt kemudian kepada Tuhanlah mereka dihimpunkan ". (Depag RI, 1999 : 192).

Ayat tersebut menunjukkan bahwa kandungan Al-Qur'an sangat luas mencakup segala aspek termasuk pendidikan dengan segala bentuknya, dengan demikian Al-Qur'an merupakan dasar pendidikan Islam yang pertama. Firman Allah Swt. dalam Q. S. An-Nisa ayat 59 :

Artinya : "Hai orang-orang yang beriman, ta 'atilah Allah dan ta 'atilah Rasul (Nya). dan ulil amri di antara kamu". (Depag RI, 1999 : 128).

Sunah Rasul adalah penjabaran lebih lanjut dari ketentuan yang terkandung dalam Al-Qur'an, oleh karena itu dasar pendidikan Islam yang kedua setelah Al-Qur'an. Sebagaimana sabda Rasulullah Saw. yang artinya : "Kutinggalkan untuk kamu dua perkara (pusaka) takkan tersesat selama kamu masih berpegang kepada keduanya, Kitabullah dan Sunnah Nabi-Nya. (Imam Malik, 1736 H/1951 M: 899).

Perjuangan hidup manusia untuk mencapai cita-citanya tentu tidak terlepas dari pendidikan, sebab suatu perjuangan bila mengandalkan fisik tanpa dilandasi pendidikan dan pengetahuan usaha yang matang sulit rasanya untuk mencapai tujuan.

Pendidikan mempunyai peranan penting dalam membimbing dan mengarahkan tujuan hidup manusia. Sebab pendidikan bukan sekedar mewarisi kebudayaan dari generasi, akan tetapi dengan pendidikan dapat mengubah dan mengembangkan kemampuan yang dimiliki seseorang, oleh sebab itu pendidikan adalah merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, baik dalam kehidupan keluarga maupun berbangsa dan bernegara.

Mengingat pendidikan itu sangat berperan bagi kehidupan, maka hampir seluruh negara menangani secara langsung masalah-masalah yang berhubungan dengan pendidikan. Menurut Djamaludin Amin mengatakan : Alangkah pentingnya itu bagi manusia dari kecil, karena itulah yang menjadi senjata hidupnya dan yang akan menentukan nasibnya. (Djamaludin : 10).

Dengan demikian kedudukan itu secara tidak langsung telah menempatkan pendidikan sebagai bagian tak terpisahkan dengan kehidupan manusia. Bagi bangsa Indonesia sendiri, pendidikan itu suatu hal yang sangat penting, karena bangsa kita sedang terus membangun untuk memajukan segala bidang, dengan demikian pendidikan di Indonesia untuk mcnciptakan manusia yang sesuai dengan tujuan pembangunan. Sebagaimana M. Arifin menjelaskan :

"Fungsi pendidikan di Indonesia adalah untuk mensukseskan pembangunan nasionai dalam pengert tan seluasnya, karena pendidikan kita arahkan kepada terciptanya manusia bertaqwa yang bermental membangun sesuai dengan perkembangan pembangunan negara, serta memiliki akhlak yang luhur dengan kepribadian yang bulat dan harmonis rohaniah. (M. Arifin, 1979 :122).

Pendidikan Agama Islam mempunyai tempat yang penting dalam menunjang terlaksananya pembangunan nasional, karena pembangunan di negara kita bukan hanya di bidang fisik juga di bidang rohani. Suatu pembangunan tanpa diiringi atau ditunjang oleh pembangunan spiritual akan berakibat buruk.

Adapun menurut A. Hasjmy mengatakan Sejarah telah membuktikan bahwa bangsa yang meialaikan atau mentiadakan sama sekali pendidikan agama, sehingga rohani atau mental spiritual dari bangsa itu menjadi lemah tiada berdaya. Sangat mudah menjadi mangsa yang sangat empuk bagi kaum agresor, sekalipun jasmani mereka kuat, baik ekonomi, keuangan ataupun alat-alat pertahanan.(A. Hasjmy, tt: 7).

Menurut Zainal Abidin Ahmad menjelaskan betapa pentingnya pendidikan Agama, ia mengatakan bahwa :

"Di antara pendidikan yang sangat diperlukan bangsa kita, maka pendidikan agama mengambil tempat yang pahng terdepan, suatu pendidikan yang bukan hanya tnengisi otak anak-anak dan membentuk budi akhlak mereka, tetapi juga menghujam sedalam-dalamnya ke dalam hati nitrani mereka akan keirnanan dan ketauhidan yang semurni-murninya (Zainal Abidin Ahmad: 45).

0 komentar:

Poskan Komentar

Mohon Tinggalkan Komentar teman-teman tentang blog ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Ganti Warna Background

Photobucket Ayo Sekolah ...........
Terima kasih atas kunjungan tamu saya yang istimewa, semoga ada manfaat yang bisa diambil

Followers

REAKSI ANDA TERHADAP BLOG INI

Daftar Video

Loading...

Translator

  ©Template by Blogger. Design By Palga